Profil Program Studi

Sistem Informasi merupakan program studi yang sangat diminati saat ini karena kebutuhan dunia kerja akan tenaga ahli di bidang Sistem Informasi yang sangat besar dan semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, sehingga semua perusahaan dan organisasi harus berlomba untuk mengimplementasikan teknologi informasi untuk mencapai tujuan mereka agar tidak tertinggal oleh kompetitor mereka, dan itu membutuhkan tenaga-tenaga ahli di bidang Sistem Informasi.

Sistem Informasi merupakan studi tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga memiliki daya guna yang maksimal bagi bidang operasional dalam perkembangan perusahaan atau organisasi.

Saat ini investasi TI masih dianggap merupakan investasi yang mahal oleh sebagian besar perusahaan atau organisasi karena manfaat yang dirasakan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Hal ini disebabkan oleh pemilihan TI yang dibeli tidak dilakukan dengan tepat. Pemilihan TI hanya didasarkan pada gengsi dan keinginan manusia, bukan karena bagaimana agar TI yang dipilih dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan atau organisasi itu sendiri. Di sinilah peranan tenaga ahli sistem informasi dalam dunia bisnis, yaitu untuk menata implementasi TI dan menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga nilai tambah yang diharapkan, yaitu proses bisnis yang terintegrasi dan terpadu, bisa terwujud.

Tujuan dari Program pendidikan Sistem Informasi Undhira adalah untuk menghasilkan lulusan Sistem Informasi bergelar Sarjana Komputer (S.Kom) yang unggul dan teladan, yang mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan TIK di Indonesia, dengan:

  • Perspektif bisnis yang luas dan berjiwa technopreneur.
  • Pemikiran kritis dan analitis.
  • Kemampuan memimpin, berkomunikasi, dan bekerja sama dalam tim.
  • Kreativitas dalam pengembangan dan penerapan solusi sistem informasi/teknologi informasi.

Kurikulum pada Program Studi Sistem Informasi dibangun di atas 3 (tiga) bidang yaitu: Ilmu Komputer, Manajemen, dan Bisnis. Dengan kompetensi di ketiga bidang tersebut, lulusan Program Studi Sistem Informasi akan mampu untuk merancang dan menerapkan Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan.

Ilmu manajemen dan bisnis juga  penting untuk pengembangan karir mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi, demi mencapai jenjang karier di level manajemen atau saat memutuskan untuk mandiri dengan berwirausaha.

Lulusan Sistem Informasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang menjadikan TI sebagai pendukung proses bisnis mereka. Peranan yang bisa diambil mulai dari staff, manajer, wirausahawan, konsultan, akademisi, dan professional IT seperti: system programmer, system analyst, system administrator, security administrator, auditor TI, manajer TI, manajer proyek TI, konsultan ERP, keuangan, asuransi, manufaktur, retail, pendidikan, pemerintahan, riset, dan sebagainya.