Program Studi Sistem Informasi Universitas Dhyana Pura Mengadakan Kuliah Umum “Apple Developer Academy” Bersama Universitas Ciputra

Program Studi Sistem Informasi Universitas Dhyana Pura Mengadakan Kuliah Umum “Apple Developer Academy” Bersama Universitas Ciputra

Program studi Sistem Informasi bekerjasama dengan Apple Developer Academy Universitas Ciputra memberikan kuliah umum mengenai pengembangan aplikasi pada sistem operasi iOS dan peluang belajar di Apple Developer Academy kepada para mahasiswa dengan menghadirkan Bapak Dr. Trianggoro Wiradinata, M.Eng. Sc. pada hari Senin, 3 Februari 2020 di Ruang Teater Universitas Dhyana Pura.

Apple Developer Academy merupakan sebuah fasilitas laboratorium pengembangan yang dibangun oleh Apple untuk memperkuat pengetahuan masyarakat Indonesia dengan membagikan ilmu tentang pengembangan aplikasi pada sistem operasi iOS. Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang terpilih sebagai tempat dibangunnya fasilitas ini, yaitu di Universitas Bina Nusantara pada tahun 2018, Universitas Ciputra pada tahun 2019, dan saat ini sedang dalam proses di Batam. Akademi ini juga dibangun untuk memungkinkan para peserta belajar secara aktif dan melakukan brainstorming dengan kreatif, sehingga dapat menghasilkan sebuah aplikasi yang kreatif pula. Setiap tahun, Apple Developer Academy merekrut seratus orang peserta dari berbagai usia dan kalangan, dengan mentor berpengalaman yang dilatih di Brazil setiap tahun.

Apple Developer Academy menyediakan dua program yang dapat diikuti secara gratis, yaitu program magang dan Apple Foundation. Program magang ini bertujuan untuk membentuk peserta menjadi pengembang kelas dunia. Program magang ini dapat diikuti oleh seratus peserta selama sepuluh bulan dan benar-benar terjun ke industri. Dalam program ini, peserta akan diajak untuk bekerja dalam kelompok dengan orang-orang yang berasal dari berbagai latar belakang. Setelah sepuluh bulan, peserta akan membuat berbagai macam aplikasi, kemudian aplikasi-aplikasi yang memiliki nominasi bagus akan dipilih oleh pihak Apple dan peserta dapat mempresentasikannya di hadapan banyak tamu undangan.

Selain program magang, Apple Developer Academy juga menyediakan program yang lebih pendek bernama Apple Foundation. Tujuan program ini ialah menginspirasi peserta untuk menjadi pengembang aplikasi iOS kelas dunia. Program ini dirancang sebagai program liburan bagi calon peserta yang masih ragu dan ingin mencoba terlebih dahulu. Program ini diadakan selama empat minggu dengan lima hingga enam sesi, dan merekrut sebanyak dua puluh lima hingga tiga puluh peserta per batch. Dalam program ini, peserta akan diajak untuk menghasilkan sebuah prototype aplikasi iOS.

Dalam proses pembelajaran, Apple Developer Academy menggunakan kurikulum dengan pendekatan challenge-based learning. Pendekatan ini dilakukan dengan cara mentor memberikan sebuah tantangan dalam membuat aplikasi kepada para peserta. Selain menghasilkan sebuah aplikasi, peserta juga dapat melatih kemampuan troubleshooting, berkomunikasi dengan calon pengguna, serta mengenali masalah dan kebutuhan orang lain. Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh Apple untuk para peserta, antara lain akses ke main lab berteknologi tinggi dengan suasana brainstorming yang mendukung, internet dengan tingkat bandwidth besar, MacBook dan iPhone terbaru yang dapat dibawa pulang serta digunakan sehari-hari untuk merancang dan menguji aplikasi, serta beasiswa sebesar 50% dari Upah Minimum Kabupaten/Kota Surabaya per bulan. Tersedia juga fasilitas yang ramah bagi orang disabilitas yang mengikuti akademi ini.

Jika ingin bergabung dalam Apple Developer Academy, para calon peserta harus melalui proses seleksi. Pertama, peserta harus mendaftarkan diri melalui tautan berikut. Kedua, peserta harus membuat video motivasi yang menjelaskan mengapa peserta ingin bergabung dan mengapa pihak akademi harus menerima mereka. Ketiga, peserta harus mengikuti tes potensi akademik. Selanjutnya, peserta harus mengikuti tahap wawancara untuk memberi kesempatan kepada pihak akademi mengenal para peserta lebih lanjut.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Apple Developer Academy, Anda dapat mengunjungi tautan berikut dan tautan berikut. Anda juga dapat mengetikkan kata kunci “Apple Developer Academy Binus” atau “Apple Developer Academy UC” pada situs pencarian Google.

Mari bergabung dengan program studi Sistem Informasi Undhira dan dapatkan kesempatan untuk bergabung di Apple Developer Academy!

Share this post